KUMPULAN PUISI RINDU KAMPUNG HALAMAN TERCINTA

KUMPULAN PUISI RINDU KAMPUNG HALAMAN.

kampung halaman,tempat paling nyaman yang kita punya,disanalah kita pertama kali mengenal dunia,ditanah itulah pertama kita menginjakan kaki kita dibumi,disanalah kita diajarkan bagaimana bertahan hidup,dan sisi sisi lain dalam kehidupan..
kampung halaman bisa jadi adalah tempat yang paling dirindukan apalagi bagi para perantau yang telah lama meninggalkan kampung halaman untuk mengadu nasib di kota lain atau diluar negeri untuk suatu harapan dan cita cita.
kumpulan puisi rindu kampung halaman,adalah kumpulan beberapa puisi yang coba saya ketengahkan,untuk sedikit mengekspresikan kerinduan yang sangat mendalam untuk kampung halamanku tercinta.karena seperti apapun kampung halaman kita,atau seberapapun nyamannya kita tinggal duluar sana,adalah kampung halaman lah tempat ternyaman yang pernah kita punya..






















PUISI RINDU KAMPUNG HALAMAN #1

hijau 

masih tertulis sangat jelas dan nyata..
tarian daun bambu yang menghiburku semasa kecil..
atau pertunjukkan batang batang pohon saat di tiup bayu sore hari
dan paduan suara air sungai yang menabuh bebatuan..

pun masih tergambar di ingatan..
saat kuhabiskan masa kecilku di sudut sudut pekarangan..
bermain tak kenal waktu di tanah tanah kosong
yang sekarang sudah sesak dipenuhi tumpukan bata semen yang bersusun...

boleh saja usia mulai membuatku melupakan banyak hal..
tapi tidak dengan ingatan tentang menakjubkannya kampung halamanku
bagaimana bisa kuhapuskan,,jika dari sanalah saya pertama kali belajar tentang banyak hal
berjalan di belahan bumi itu,pun pertama lancar berlari kegirangan

dan disanalah keberadaan istana ternyaman yang kami punya..
rumah yang ditaburi sinaran dari pantulan hijau nya rimbunan dauan..
belajar dewasa dari alam,belajar sabar dari terik sawah dan liiukan pematang
belajar tabah dari pacekliknya musim,dan belajar menahan saat musim kemarau..

betapapun gemerlap sinaran lampu kota
sedikitpun tak mengalihkan kenanganku dari arifnya obor disana
bagaimanapun nyamannya pendingin di angkuhnya kota,,
tak se sejuk hembusan angin dari sawah sawah yang di saring oleh kawanan pohon pohon sahabatku..
aku rindu suasana itu
beri aku kesempatan
untuk kembali kesana
dan menghabiskan sisa usia
ditempat pertama terhitung usiaku....
semoga segera,,,


KUMPULAN PUISI RINDU KAMPUNG HALAMAN #2

disanalah

aku berlari riang gembira tak terkira
saat kutangkap seekor capung berwarna kuning..
atau saat kudapati seekor ikan yang sedang terdampar..
ahh..banyak sekali  kenangan indah yangsedang kukenang..

tabuh bedug musola kecil ketika berbuka puasa yang begitu kunanti,,
ataukan ketokan pintu yang mistik membuka mata di penghujung malam..
bahkan lentera lentera di ujung daun salam yang terang memecah pekat malam..
dan rentetan petuah petuah khas kampung dengan seribu filosofi nya..
begitu kurindu..

dan kini....
suasana seperti itu tak lagi ku hirup..
hari berlalu tak jauh dari lembar dan lembar rupiah 
saling mendahului tanpa peduli 
otak yang hanya dipenuhi teriakan kebutuhan
mata yang mulai pedih melihat gemerlap lampu tembak dipojok kota
dan suara suara egois yang entah untuk tujuan apa..

saat suasana telah melebur menjadi kegelisahan
kupejamkan mata,kubayangkan kembali..
begitu tenang dan ternteramnya hati ku..
jika kembali bisa ku hirup kembali udaranya..
rela kumakan seadaanya jika aku disana nanti,,
bahkan rumput rumput pun nikmat terasa..
ke arifannya begitu ku nantikan..
tetes tetes embun di subuh hari,dinginkan batin..
walaupun sampai saat ini pun,masih sekedar harapan dan kenangan...
disana dan akan segera kesana..
kampung halamanku tercinta...



PUISI KAMPUNG HALAMAN TERCINTA #3

aku rindu...

kapan..kapan aku bisa kembali...
tanah yang telah mengubur jasad orang yang paling kuhormati...
tanah yang masih di injak telapak surgaku..
tanah yang masih menjadi alas hidup orang orang yang begitu kusayangi..

aku terjebak dan aku baru saja beranjak dan tersadar''
aku salah menilai kehidupan..
ceroboh memutuskan prinsip..atau mungkin aku keliru menitik titik tujuan...
apa mau dikata semua sudah kujalani...

memang tak semudah itu meninggalkan kota ini..
tempat yang mau tidak mau adalah kampung keduaku..
tapi tetap saja,impianku tetap tertuju kesana..
damai dan tenang dipangkuan buminya dan pelukan sejuk alamnya..

sesegera mungkin aku ingi kembali kesana..
kuiklaskan yang tertinggal disini karena disanalah harta terbesarku yang tertinggal..
tempat yang begitu ingin kusinggahi..
dan semoga saja,segera aku bisa menyatu denganmu kembali,,
tempat terindah dan semoga persinggahan ku yang terindah...


demikianlah beberapa kumpulan puisi tentan kerinduan kampung halaman,mungkin jauh dari kata sempurna,ataupun tak bisa menyentuh hati para pembaca,karya alakadarnya dari saya,seorang anak kampung,yang begitu ingin kembali ke tempat asalku..kampung halamanku tercinta.....