Kumpulan Kata Mutiara Hikmah Sayyidina Ali Untuk Para Pemuda Islam

Kata Mutiara Islam ~ Dia adalah pemuda terbaik yang sangat gigih memperjuangkan dakwah islam. Sosok pemuda yang patut menjadi tauladan bagi para remaja maupun kawula muda di segala masa. Dia adalah pemimpin, petarung tangguh yang cerdas namun tidak meninggalkan keluhuran akhlak dan budi pekerti. Dialah Khalifah ke - 4 dalam jajaran khulafaur Rasyisidin.

Ali Bin abi Thalib merupakan anak dari paman nabi yaitu Abi Thalib bin Abdul Mutholib atau dengan kata lain, Sayyidina Ali adalah sepupu nabi. Menurut Ibnu Ishaq, Ali KW adalah orang kedua yang membenarkan kenabian nabi setalah Siti Khadijah. Ia adalah sabiqunal awalun dari golongan pemuda.
Kata Mutiara ALi BIn Abi Thalib

Masa - masa remaja hingga beranjak menjadi pemuda, ia mendapat didikan langsung dari nabi, tidak heran jika kemudian ia menjadi pintunya ilmu sementara nabi adalah kotanya ilmu. seperti yang disebutkan dalam salah satu hadits “Aku adalah kota ilmu, sedangkan Ali adalah gerbangnya”. Karena keshalehahan, keberanian dan kedalaman ilmunya, ia diberi kehormatan untuk menikahi putri nabi yaitu Sayyidatu Fatimah. 
Untuk itu, mari kita simak beberapa kata - kata mutiara hikmah dari sayyidina Ali sang Pedang Allah, pemuda islam sejati yang telah berjuang demi kejayaan islam.

  1. Sebodoh-bodoh manusia adalah yang tidak mampu mendapatkan kawan-kawan untuk dirinya, tetapi yang lebih bodoh lagi adalah membiarkan kawan-kawannya pergi setelah mendapatkannya.
  2. Orang yang tertinggal karena kurangnya amal tidak akan dapat menyusul dengan kemuliaan nasabnya.
  3. Kemenangan diperoleh dengan kebajikan. Kebajikan diperoleh dengan berpikir secara mendalam dan benar. Pikiran yang benar adalah dengan menyimpan sebaik-baik rahasia.
  4. Semulia-mulia kekayaan milik pribadi adalah meninggalkan banyak keinginan.
  5. Jadilah orang yang dermawan tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tetapi jangan menjadi orang yang kikir.
  6. Lidah orang yang berakal berada di belakang hatinya, sedangkan hati orang bodoh berada di belakang lidahnya.
  7. ilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya. Ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaanya. Keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap kejahatan. Dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya akan kehormatan dirinya.
  8. Seorang Pemuda bukanlah yang berkata, ini adalah bapakku. Tapi pemuda sejati adalah yang berkata INI AKU.
  9. “Barangsiapa jelek akhlaknya (ketika pemuda), ia akan tersiksa ketika tua.”
  10. Ilmu adalah lebih baik daripada kekayaan karena kekayaan harus dijaga, sedangkan ilmu menjaga kamu
Demikianlah 10 kata mutiara hikmah dari sayyidina ali semoga dapat menjadi inspirasi untuk menambah semangat juang kita khususnya para pemuda islam.